Beranda kutim Modernisasi Alat Pertanian Menguntungkan Petani

Modernisasi Alat Pertanian Menguntungkan Petani

577
0

SANGATTA (9/6-2018)
Modernisasi alat pertanian dengan menggunakan peralatan yang canggih membantu petani di Kutim untuk meningkatan produksi. Pekerjaan yang dulunya memerlukan banyak tenaga kerja dan waktu yang cukup lama, kata Kadis Pertanian Kutim, Sugiono, kini bisa lebih cepat dan mudah.

Salah satu alat panen yang disediakan Pemkab Kutim dan dibagikan kepada kelompok tani tujuannya meningkatkan ketahanan pangan dan kesejahteraan rakyat.
Menurutnya, mekanisasi menjadi solusi ketika jumlah tenaga kerja di bidang pertanian jumlahnya menurun karena para pemuda lebih banyak meninggalkan desa dan tertarik pekerjaan di kota atau pada sektor perkebunan.
“Dulu saat panen, pemilik lahan kewalahan karena ketiadaan tenaga pemanen karena paling tidak membutuhkan 8 orang, namun dengan peralatan pertanian yang modern hanya memerlukan beberapa oarang saja dengan waktu sekitar 4 jam perhektar,” bebernya serya menambahklan semua sudah masuk karung dan tinggal dijemur.
Mantan penyuluh pertanian ini, mengungkapkan untuk panen lahan seluas 1 hektar, dibutuhkan waktu 3 hari dengan tenaga kerja 8 orang. Demikian untik tanam dengan cara tradisional, biaya yang dikeluarkan Rp1,6 juta sedangkan dengan mesin hanya Rp. 400 ribu.
Sugiono mengakui penyediaan alat pertanian terus dilakukan Pemkab Kutim baik melalui APBD Kaltim maupun APBN. Namu, ia menegaskan pemberian alat pertanian tidak mudah karena ada beberapa syarata diantaranya ada kelompok tani, selain itu tersedia SDM yang siap mengoperasikan termasuk melakukan perawatan. “Jangan sampai bebas sebebasnya menggunakan, ntar belum lama sudah rusak karena tidak mengerti cara mengoperasikannya,” bebernya.(ADV-KOMINFO)

Artikulli paraprakJelang Cuti Lebaran : Penumpang Bus di Sangatta, Masih Normal
Artikulli tjetërProfil Caleg Akan Diumumkan di Silon