Beranda kutim Mugeni : Parenting Skill Penting Bagi Ibu-Ibu Dalam Mendidik Anak

Mugeni : Parenting Skill Penting Bagi Ibu-Ibu Dalam Mendidik Anak

606
0

SANGATTA (13/5-2018)
Mendukung peningkatan mutu pola asuh orang tua kepada anak, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPP-PA) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) bekerjasama Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kutim menggelar kegiatan Parenting Skill.
Kegiatan digelar di Gedung Wanita, Jalan Prof DR Baharuddin Lopa SH Sangatta Utara ini, berlangsung semarak karena peserta antusias. “Parenting Skill merupakan pendidikan yang dilaksanakan oleh keluarga, dengan memanfaatkan sumber-sumber yang tersedia dalam keluarga dan lingkungan. Berbentuk kegiatan belajar secara mandiri,” kata Asisten Pemkesra Setkab Kutim Mugeni ketika membuka kegiatan yang diikuti kaum perempuan itu, belum lama ini.
Dihadiri Inspektur Wilayah Kabupaten Kutim Suko Bono, Kepala DPP-PA dr Aisyah, perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), perwakilan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Kutim, para camat se Kutim, tokoh masyarakat dan agama, disebutkan pendidikan anak mulai dalam kandungan hingga tumbuh dewasa merupakan tanggung jawab orangtua.
“Lihat perkembangan dan kemajuan teknologi sekarang sangat luar biasa. Jika kita sebagai orang tua tidak memperhatikan pendidikan anak sedari dini, kita (orangtua) akan kecolongan. Karena dengan masuknya teknologi yang canggih-canggih, jika diluar kontrol dari orangtuanya akan berpengaruh terhadap perkembangan anak,” ujar Mugeni yang hadir mewakili Bupati Ismunandar.
Disebutkan, perkembangan secara psikis anak, orangtualah yang lebih mengetahui anak-anaknya. Kegiatan Parinting Skill menurutnya sangat baik. Pemerintah daerah sangat mendukung dan berharap ibu-ibu yang mengikuti pelatihan dengan baik. Karena ilmu yang dibagi mahal dan jarang ditemukan.
Sebelumnya Kepala DPP-PA Kutim Aisyah mengungkapkan parenting skill merupakan tugas dan fungsi instansinya dalam hal pemenuhan hak anak . Disebutkan, orang tua punya andil besar dalam mendorong anaknya bisa mencapai cita-citanya. “Perumpamaan kertas putih, orangtua-nyalah yang menggoreskan sesuatu apakah dikertas itu mau digoreskan dengan warna merah, hitam atau tinta biru, orangtua-nyalah yang paling berperan,” ucap Aisyah.
Disebutkan, parenting Skill memiliki manfaat besar terutama bagi ibu karena mendidik anak-anak mulai dari dalam kandungan sampai tumbuh berkembang hingga dewasa. “Tantangan ibu – ibu saat ini berat, karenanya harus cerdas memanfaat waktu dan karir serta sebagai ibu rumah tangga,” ungkap Aisyah.(ADV-KOMINFO)

Artikulli paraprakJalan Provinsi Rusak Berat, Pemkab Diminta Perbaiki Demi Keselamatan Masyarakat
Artikulli tjetërKelola Dana Rp30 M Lebih, PB PORPROV Ingin Gandeng TP4D Kejari Sangatta