Beranda kutim adv pemkab Pemkab Kutim Persiapkan Pondasi RPJPD Tahap II, 2025-2050

Pemkab Kutim Persiapkan Pondasi RPJPD Tahap II, 2025-2050

0
Bupati Kutai Timur, Ardiansyah Sulaiman

Loading

SuaraKutim.com, Sangatta – Meski tahun 2025 masih krang lebih satu tahun lagi, namun Pemerintah Kutai Timur ternyata sudah mulai memasang ancang-ancang untuk kembali memutar roda pembangunan jangka panjang tahap dua, atau menusun Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) tahap II, di tahun 2025-2050 mendatang.

Hal ini diungkapkan Bupati Kutai Timur, Ardiansyah Sulaiman, saat membuka Kutim Expo 2023, beberapa waktu lalu. “Kita akan mempersiapkan RPJPD tahap kedua, 2025-2050, yaitu rencana pembangunan daerah jangka panjang 25 tahun kedepan atau 20 tahun kedepan, dan otomatis ini harus link (terhubung, red) antara RPJP Nasional, RPJP Provinsi dan RPJPD Kabupaten,” ujarnya.

Lanjut Ardiansyah, dirinya mengingatkan kepada pejabat yang ada di lingkup Pemkab Kutim, agar terus komitmen, antara RPJPD kemudian setiap periodenya akan disiapkan RPJMD, kemudian di breakdown lagi menjadi Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dan dibreakdown lagi menjadi Rencana Kerja (Renja).

“Mohon ini menjadi perhatian, sebab inilah yang akan menjadi barometer untuk lebih mudah kita melihat pembangunan itu, apakah matching (sesuai, red) atau tidak dengan rencana kerja,” tegasnya.

Dirinya juga mengingatkan kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Kutim selaku pimpinan tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) untuk terus meyakinkan kepada DPRD, bahwa jangan sampai ada kekeliruan.

“Kepada saudara-saudara, utamanya kepada Sekretaris Daerah (Sekda) yang senantiasa terus mengepalai tim anggaran pemerintah daerah (TAPD), untuk terus meyakinkan kepada DPRD bahwa jangan sampai ada kekeliruan yang terjadi. Bahwa Renja yang sudah ada bersumber dari RKPD, kemudian RKPD bersumber dari RPJMD dan terus link-nya (terhubung,red) kepada RPJPD,” sebutnya.

Dirinya pun merasa yakin, jika RPJPD tersebut menjadi acuan dan indikator kinerja pemerintah Kutim, maka perkembangan Kutai Timur yang sudah direncanakan akan berjalan dengan baik

“Saya merasa yakin kalau (RPJPD, red) menjadi acuan dan indikator kinerja kita, maka perkembangan Kutai Timur yang sudah kita rencanakan akan berjalan dengan baik,” pungkasnya.(Red/SK-01/Adv)

Artikulli paraprakMilad ke-21, PD IGRA Kutim Gelar Lomba Tari Kreasi Kalimantan
Artikulli tjetërCapaian Stunting Kutim Tahun 2023 Turun, Ronny : Belum Resmi