Beranda ekonomi Pertamina Sangatta Healthy Fest, Ajak Karyawan dan Warga Hidup Sehat serta Safety

Pertamina Sangatta Healthy Fest, Ajak Karyawan dan Warga Hidup Sehat serta Safety

0

Loading

SuaraKutim.com; Sangatta — Dalam rangka memperingati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), PT Pertamina EP Sangatta Field yang berada dibawah Pertamina Regional 3 Kalimantan Zona 9, menggelar acara silaturahmi dan capacity building bersama seluruh karyawan dan warga Desa Sangkima di Kecamatan Sangatta Selatan, Minggu (26/2/2023) pagi.

Pernak-pernik keunikan aksesoris yang dikenakan warga yang mencirikan khas pertanian dan hasil buminya serta unsur kesehatan, tampak mewarnai keceriaan karnaval dan jalan santai sehat pada kegiatan silaturahmi dan capacity building yang diikuti antusias seluruh keluarga besar Pertamina Sangatta dan warga Desa Sangkima. Pasalnya, selain dalam rangka memperingati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) kegiatan ini juga mengusung tema Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

“Kegiatan ini murni diinisiasi oleh Field Manager (FM) Sangatta dan disupport penuh oleh Pertamina Regional 3 Kalimantan Zona 9 dan SKK Migas Kalimantan dan Sulawesi. Intinya bagaimana Pertamina Sangatta bisa sehat berproduksi jika tidak ditunjang dan didukung oleh lingkungan masyarakat yang juga harus sehat. Karena warga yang berada di lingkungan produksi Pertamina ini merupakan keluarga besar Pertamina,” ujar General Manager Pertamina Subholding Usptream Regional 3 Kalimantan Zona 9, Andre Wijanarko kepada awak media.

Didampingi Manager Field Sangatta Abdul Rachman Para Buana dan sejumlah jajaran Pertamina EP Sangatta Field, Andre menyebutkan jika Pertamina tidak hanya fokus pada peningkatan produksi migas, namun juga tetap berkomitmen mendukung pengembangan kesejahteraan masyarakat sekitar wilayah kerja Pertamina. Termasuk bagaimana Pertamina hadir dan mensupport pengembangan usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang ada pada masyarakat.

“Tentunya kami sangat berterimakasih atas dukungan semua pihak pada Pertamina Sangatta dan kami juga terus berkomitmen untuk ikut mendukung dalam pengembangan kemandirian masyarakat termasuk UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah, red). Khususnya di Sangatta kami memiliki program mitra binaan dengan produk unggulan saat ini adalah madu kelulut. Namun kedepannya kami juga akan mengembangkan sektor ekonomi kerakyatan lainnya, termasuk sektor tanaman pangan dan holtikultura,” tegasnya.

Sementara itu dikesempatan yang sama, Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman berharap Pertamina Sangatta bisa terus mendukung pengembangan sektor perekonomian kemasyarakatan, khususnya bagi warga yang ada di Kecamatan Sangatta Selatan.

“Saya sangat berterimakasih atas support Pertamina Sangatta dalam pengembangan budidaya madu kelulut yang saat ini menjadi produk unggulan warga Kecamatan Sangatta Selatan. Namun tidak hanya madu kelulut, namun masih banyak potensi pangan lainnya di wilayah ini yang juga bisa dikembangkan dan mendapatkan support dari Pertamina Sangatta. Belum lama ini saya baru saja ikut melakukan panen raya bawang merah yang juga lokasinya berada di Sangatta Selatan dan masuk wilayah binaan pertamina. berharap itu juga mohon disupport pengembangannya. Selain itu saya juga mengajak warga untuk bisa memanfaatkan lahan kosong yang ada di pekarangan rumah warga sendiri dengan menanam tanaman obat dan aneka sayuran, menggunakan media tanam polibag maupun hidroponik,” ucap orang nomor satu di Kutim tersebut, usai melepas karnaval dan jalan santai sehat Pertamina Sangatta Healthy Fest.(SK-01)

Artikulli paraprakPikul Nasib Guru, PDI P Kutim Akan Gugat Pemkab Ke Mahkamah Agung
Artikulli tjetërRibuan Batang Rokok Ilegal dan Puluhan BB Tindak Pidana Incracht Dimusnahkan Kejari Kutim