Beranda foto Gudang Arsip Pemkab Masih Kosong Melompong

Gudang Arsip Pemkab Masih Kosong Melompong

5232
0

SANGATTA,Suara Kutim.com (10/5)
Meski sudah punya gedung arsip, ternyata Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (Bapasida) Kutim belum memenuhi standar. “Memang belum standar, tapi apa adanya dulu yang penting ada,” ujar Budi Santoso sebagai kepala Bapasida.
Gedung arsip yang berdiri di samping Gedung Perpustakaan Kutim (GPK), diakui masih dalam pemeliharan kontraktor. Kepada wartawanm, aa menyebutkan, sesuai standar gedung arsip masih banyak kekurangan seperti sistem pemadam kebakarannya belum otomatis, sirkulasi udara masih belum sempurna, termasuk pencahayaannnya masih tidak cukup. “Kondisinya man, tapi belum sempurna,” katanya
Belum sempurnanya gedung arsip, diakui Budi, resiko penyimpanan arsip tetap ada. Meskipun tidak serentan jika tersimpan di masing-masing SKPD minim keamanannya. Ia menambahkan, kalau dibanding dengan gedung biasa, gedung arsip yang ada cukup aman dibanding dengan menyimpan arsip di gedung yang tidak dibuat khusus untuk penyimpanan arsip.
Budi mengakui gedung arsip sudah digunakan namun belum ada arsip disimpan dari SKPD yang disimpan. Ia berencana, berencana menggelar sosialisasi ke semua SKPD untuk memilah arsip yang layak untuk disimpan dan yang tidak layak.
Agar arsip tahan lama, tidak rusak, Budi menyarankan SKPD, memilah arsip apa yang akan bersifat permanen. Dengan demikian, arsip itu dicetak dalam kertas tanpa asam, agar awet. Karena, jika menggunakan kertas biasa mudah rusah. “Memang kertas tanpa asam itu memang mahal, karena itu dipilah untuk digunakan kertas tanpa asam agar bisa disimpan dalam waktu lama,” bebernya.(SK-02/SK-06)

Artikulli paraprakIdealnya Tarif PDAM Disesuaikan Biaya Produksi
Artikulli tjetërHarpandi : KONI Kutim Tidak Terlibat Politik Praktis