Beranda ekonomi Kebun Sawit di Kutim Mencapai Target Kaltim

Kebun Sawit di Kutim Mencapai Target Kaltim

1221
0
Salah satu perkebunan kelapa sawit di Kutim
SANGATTA,Suara Kutim.com
            Pembukaan lahan perkebunan kelapa sawit di Kutai Timur (Kutim) sudah mencapai 350 ribu Ha, artinya areal kebun sawit yang ditargetkan Pemprov Kaltim sudah tercapai. “Target bagi Kutim membangun  tiga ratus lima puluh  ribu hektare kebun sawit di Kutim yang ditargetkan Pemerintah Provinsi sudah terpenuhi ,” katanya.
Ia menerangkan,  lahan  seluas   350 ribu Ha  merupakan terluas   di Kaltim, jika menginginkan kembali ada perluasan area kebun tentu saja harus memperhitungkan Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) yang ada. Dengan mempertimbangkan,  kepastian ketersediaan lahannya  yang ada sehingga  tidak terbentur dengan kawasan hutan.
Ke depan, ujar Ismunandar, jika Pemprov  kembali mencanangkan program lanjutaan perluasan kebun sawit   Pemkab Kutim  akan memperhitungkan baik-baik dimana paling utama adalah ketersediaan ruang. Namun, ia mengakui tak menutup kemungkinan ada perluasan jika lahannya memang tersedia. “Tidak  bisa dipungkiri sektor agrobisnis merupakan salah satu penyokong utama perekonomian di Kutim, sekarang ini sudah dirasakan pemerintah dan masyarakat,” sebut  Ismunandar.
Menyinggung aktifitas Pemkab mengaet investor, ia mengakui  lebih memilih berkonsentrasi mendorong perusahaan-perusahaan yang telah mengantongi izin namun belum melakukan aktivitas untuk segera membangun kebunnya.  Diakuinya, sebagian besar  banyak  perusahaan  baru masuk dalam tahap pembibitan.
Ditegaskan, semua ijin akan dievaluasi karena ada saja perusahaan yang jumlahnya ratusan  belum beraktifitas apa-apa kecuali hanya mengantong ijin.  “Kalau simpan tanah saja tidak ada manfaatnya, karena itu harus dievaluasi,” katanya. (SK-03)

Artikulli paraprakKomisi DPRD Kutim Bertambah, Fraksi Menjadi 7
Artikulli tjetërPendaftaran CPNS Sempat Lelet