Beranda kutim Ketinggian Air di Kabo Menurun, PDAM Langsung Beroperasi Layani 14 Ribu Pelanggan

Ketinggian Air di Kabo Menurun, PDAM Langsung Beroperasi Layani 14 Ribu Pelanggan

1675
0
Petugas PDAM di IPA Kabo Jaya saat menghidupkan panel intake untuk mengolah air bersih guna disalurkan ke 14 ribu pelanggan se Sangatta Utara.

SANGATTA (29/4-2018)

Kondisi intake dan panel IPA Kabo, Sabtu (28/4) siang.
Teknisi PDAM Tirta Tuah Benua Kutim terutama yang bertugas di IPA Kabo Jaya Sangatta Utara secara bergantian mengamati kondisi air. Ini tiada lain, saat intake dan panel bisa dioperasikan, mereka langsung menghidupkan untuk mengolah air bersih guna disalurkan ke 14 ribu pelanggan.
Dirut PDAM Tirta Tuah Benua, Aji Mirni Mawarni, Ahad (29/4-2019) menerangkan, jika panel listrik aman, otomatis intake langsung difungsikan untuk memproses air Sungai Sangatta menjadi air bersih kemudian disalurkan. “Panel yang ada sudah dipasang tinggi dari banjir beberapa tahun sebelumnya, ternyata saat ini kondisinya mengkhawatirkan,” terangnya.
Kepada Suara Kutim.com dijelaskan sejak pagi ada tanda-tanfan penurunan ketinggian air sekitar Kabo Jaya, sehingga intake bisa dioperasikan dan pukul 10.00 Wita air sudah bisa dialirkan. “Karena yang memerlukan banyak, kemungkinan yang mengalir ke rumah kecil nanti setelah semua kebutuhan masing-masing terpenuhi debit air kembali normal,” terangnya.
Melalui telepon, ia juga mengingatkan warga untuk sementara memantau penggunaan air terutama jika penampungannya kecil seperti ember atau bak kamar mandi karena disayangkan terbuang.
Seperti diwartawkan, meluapnya air Sungai Sangatta, menyebabkan pompa PDAM termasuk jaringan listrik di IPA Kabo Sangatta Urara terendam. Menghindari kerusakan lebih parah, PDAM terpaksa mematikan operasi IPA Kabo.
Penghentian operasi IPA Kabo, dilakukan karena air Sungai Sangatta sudah hampir merendam panel. “Dengan kodisi yang mengkawairkan itu, dengan sangat berat hati pendistribusian air ke pelanggan terhenti, sementara IPA Sangatta Selatan kini dalam siaga 1, jika air semakin naik maka kemungkinan IPA Sangatta Selatan akan dimatikan sementara waktu,” terangnya.(SK11)

Artikulli paraprakPenurunan DPT Pilgub Kaltim Wajar
Artikulli tjetërKapolres Kutim Pimpin Operasi Penyelamatan Korban Banjir di Sangatta