Beranda ekonomi PDAM Kutim Lirik Embung Indominco

PDAM Kutim Lirik Embung Indominco

641
0

SANGATTA (26/8-2019)

Memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat terutama di  daerah  yang  saat ini sulit mendapatkan air bersih, PDAM Tirta Tuah Benua (T2B) Kutai Timur (Kutim) terus melakukan kajian dan penelitian mencari sumber bahan baku.

Suparjan – Dirut PDAM T2B Kutim  menyebutkan  salah satu kecamatan yang hingga kini masih kesulitan mendapatkan air bersih yakni  Teluk Pandan. “Kini  PDAM Kutim menjajaki kemungkinan pemanfaatan embung yang masih berada di dalam lokasi pertambangan milik PT Indominco,” terang   Suparjan, Senin (26/8).

Menurutnya, belajar dari pemanfaatan sumber air baku dari Danau Kenyamukan bekas tambang milik PT Kaltim Prima Coal (KPC)  kini PDAM Kutim terutama di IPA Kudungga tidak terganggu dengan sumber bahan baku.

Suparjan mengakui kini, ia  melakukan komunikasi dengan Indominco untuk melakukan pengecekan lokasi termasuk  mengetahui  detail berapa potensi air yang berada pada embung tersebut. Sekaligus mengetahui  kualitas air apakah layak untuk dijadikan sumber air baku serta perhitungan tingkat elevasi atau ketinggian embung dan jarak dengan sasaran penyebaran air bersih.

“Jika memang layak digunakan, potensi air baku pada embung Indominco tersebut akan digunakan untuk pemenuhan air bersih bagi warga yang berada di Desa Suka Rahmat, Desa Suka Damai dan Desa Teluk Pandan,” sebut Suparjan.

 Ia  berharap pengecekan  segera dilakukan, selain itu tidak menutup kemungkinan potensi air bersih tersebut juga bisa dijual bagi sebagian masyarakat  Bontang. Selain itu,  ujar Suparjan,  jika embung di Indominco   bisa dimanfaatkan maka permasalahan penyediaan air bersih bagi warga  Teluk Pandan yang selama ini hanya mengharapkan air hujan, sumur bor dan air dari Telaga Bening,  segera diatasi.(SK3)

Artikulli paraprakHari Ini, Kloter 5 Balikpapan Menuju Madinah
Artikulli tjetërBappeda Diperintahkan Wabup Kaji Penggunaan Lahan Eks K2