Beranda ekonomi Penyempurnaan Irigasi Nelayan Ma Bengalon ke Pemprov Kaltim

Penyempurnaan Irigasi Nelayan Ma Bengalon ke Pemprov Kaltim

1942
0
Isran Noor ketika melakukan kunjungan kerja ke desa-desa, karena sedang berkembang virus Corona , terpaksa dihentikan.

SANGATTA,Suara Kutim.com (7/3)
Membantu petambak di Muara Bengalon terutama pembangunan saluran irigasi, Aminuddin – Kasi Sarana Prasarana Budidaya pada Dinas Perikanan dan Kelautan Kutim, menerangkan kini dilakukan desain enginering detailnya.
Menanggapi harapan petambaj kepada Bupati Isran Noor ketika bertandang ke desa nelayan itu, Minggu (1/3) lalu, diakui usulan desain detail saluran irigasi tambak disampaikan ke Pemerintah Provinsi Kaltim.
Selain penyempurnaan irigasi, juga dibutuhkan sarana budidaya terutama sapro, pupuk kapur, asam amoniaknya dan bibit.Ia menerangkan, untuk bantuan pupuk, kapur dan bibit ikan pada dasarnya tetap ada hanya DKP menunggu adanya usulan dari masyarkat. “DKP tetap menunggu usulan dan proposal petani untuk diakomodir, kalau masuk pasti diproses,” terang Aminuddin menanggapi keluhan nelayan Muara Bengalon.
Terhadap keluhan yang dikemukan Ari Cambang, Ketua Kelompok Tani Tambak Muara Bengalon disebutkan tidak ada karena mengusulkan. “Saya melihat dikantor usulannya ada tapi sudah beberapa tahun lalu, maka itu tidak dapat diproses,” aku Aminuddin.
Kepada Bupati Isran Noor, nelayan tambak di Muara Bengalon mereka ingin mengembangkan kegiatan namun terbentur banyaknya masalah mulai pupuk yang sulit didapatkan sampai irigasi kurang sempurna. “Kami butuh bantuan dan dukungan pemerintah agar hasil produksi meningkat, seperti bibit dan pupuk,” kata Ari Cambang sebagai ketua kelompok.
Bupati Isran yang ikut menyaksikan kelompok Ari melakukan panen bandeng, menilai Desa Muara Bengalon bisa menjadi sentra perikanan yang bisa memenuhi kebutuhan ikan di Sangatta dan Bengalon.
Isran berharap hasil tambak warga Muara Bengalon bisa dikembangkan dengan produksi lain selain ikan segar. “Ini harus ada keterpaduan antar SKPD seperti bagaimana bisa membuat bandeng asap jika bandeng segar kurang diminati, sekarang ini amplang Bengalon sudah dikenal ini juga menjadi peluang bagaimana bahan baku amplang itu dari bandeng. Jika ada kebersamaan dan kepedulian, tentu petambak di Muara Bengalon tambah bergairah karena ada penghasilan yang pasti dan muaranya akan meningkatkan kesejahteraan rakyat,” kata Isran Noor.(SK-08)

Artikulli paraprakLalai, 11 Orang Tewas Dijalan
Artikulli tjetërBendungan Tanah Abang, Bangunkan1.500 Ha Lahan Tidur