Beranda kutim PPL Punya Peran Penting

PPL Punya Peran Penting

0

Loading

SANGATTA,Suara Kutim.com
Sebagai ujung tombak dan agen perubahan terutama dalam penanganan pengembangan pertanian yang bersentuhan langsung dan mendampingi  masyarakat, penyuluh  pertanian dituntut dapat membangun kapasitas sumber daya manusia  pertanian.
Jumairilsyah
 Sebagai motivator petani, PPL harus mampu memberikan peran penting bagi peningkatan kualitas SDM petani.  Kepala Badan Penyuluhan Kutim Encek Jumairilsyah, Selasa (6/5) siang, menyebutkan,    penyuluh pertanian dituntut  dapat  mengembangkan potensi dengan membekali diri terhadap ilmu terapan yang stategis.
Menurut Jumairil,  dilapangan masyarakat dan petani tidak pernah memandang  latar belakang ilmu terapan yang dimiliki si penyuluh namun  lebih menuntut penyelesaian permasalahan yang dihadapi, baik  pertanian, perikanan, perkebunan ataupun kehutanan. “Tidak gampang menjadi penyuluh pertanian, seorang penyuluh pertanian bukan hanya dituntut mumpuni dalam ilmu dasar pertanian namun  dituntut  mendalami ilmu ekonomi, sosiologi pedesaan, kemasyarakatan dan lainnya yang menjadikan penyuluh sebagai figur   dibutuhkan masyarakat,” ungkapnya.
Saat ini di Kutim, terdapat  235 orang tenaga penyuluh pertanian  dengan rincian 94 orang berstatus PNS sebanyak  55 orang  dan TK2D 16 orang serta   70 orang SP2B. Meski terbilang banyak, namun di  Sandaran dan Karangan tenaga penyuluh pertanian masih kurang. 
Sebagai badan yang bertanggungjawab terhadap kualitas PPL, Jumairil mengakui instansinya harus  melatih mental dan moral penyuluh pertanian  dalam menghadapi masyarakat. “Selain itu PPL  meningkatkan dan pengembangan kapasitas SDM penyuluh pertanian sebagai aparatur negara yang harus mampu mengayomi dan melayani masyarakat,” pesannya.(SK-03)
Artikulli paraprakBesok, Ru Ditunggu Penyidik Polres Kutim
Artikulli tjetërPisang Kepok Kutim Diakui Nasional