Beranda ekonomi Tingkatkan Ketersediaan Minyak Mentah, Pertamina Bor 4 Sumur Baru

Tingkatkan Ketersediaan Minyak Mentah, Pertamina Bor 4 Sumur Baru

1050
0

SANGATTA (25/5-2019)

 Memenuhi target kuota minya nasional, Pertamina EP Sangatta Field berencana melakukan pengeboran terhadap 4 potensi sumur baru. Pengeboran keempat sumur baru yang rencananya akan dikerjakan tahun ini, berada di wilayah kerja Pertamina Sangatta Field, yakni di Kutai Timur dan di Sambera.

Spesialis Dukungan Bisnis SKK Migas Kalimantan dan Sulawesi, Damar Setyawan bersama  Rio Ostaryo selaku Legal & Assistant Manager Pertamina EP Sangatta Field, menyebutkan  rencana pengeboran keempat sumur baru oleh  Pertamina Sangatta Field  merupakan upaya untuk memenuhi target kuota minyak nasional dari target 775.000 barel per hari secara nasional.

“ Kaltim turut menyumbangkan 10 persen, sedangkan untuk keempat sumur baru yang akan dilakukan pengeboran, SKK Migas belum bisa memastikan kandungan pasti potensi minyak mentah di dalamnya. Meski sudah ada perhitungan dan dari tim geologi, namun pengeboran tetap harus dilakukan untuk mengetahui kepastian potensi kandungan minyak mentah yang ada,” terangnya.

Disebutkan, untuk  ekplorasi atau pengeboran sumur baru, keberadaan SKK Migas memang berada di posisi terkait urusan pembebasan lahan. Dari empat sumur yang positif akan dilakukan pengeboran tahun ini, sebenarnya, kata damar,  ada satu sumur lagi yang hingga saat ini masih dalam proses negoisasi pembebasan lahan.

Kalau ada kesepakatan dengan pemilik lahan, nantinya,  ada lima sumur baru yang tahun ini dilakukan pengeboran yakni tiga sumur baru di wilayah Kutim dan dua sumur di wilayah Sambera, Kecamatan Marang Kayu  Kutai Kartanegara.  “Pertamina berharap ada dukungan pemerintah dan masyarakat, karena pengeboran minya dilakukan untuk memenuhi kebutuhan minyak mentah nasional yang kian menipis sementara permintaan meningkat,” sebut Damar.(SK3)

Artikulli paraprakPemkab Segera Tindaklanjuti Temuan BPK
Artikulli tjetërCatatan Perjalanan Haji (8)